Cara Menghitung Berat Kertas

Tahukakh kawan bahwa gramatur kertas semisal HVS 70 gr, 80 gr, Art paper (AP) 120 gr, 230 gr dan sejenisnya memiliki arti dan fungsi dalam kita menentukan berat dari kertas kosongan? Tentu jika kita mengetahui hal ini kita bisa memperkirakan berat dari order cetak kita, hal ini akan sangat berpengaruh pada perkiraan bea kirim ketika kita hendak mengirim keluar kota, atau ke luar pulau.

Pembaca, dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang bagaimana menghitung berat dari kertas yang akan kita gunakan dalam proses cetak. Namun sebelumnya kita harus memahami makna dari gramtur tersebut. Berat kertas tidak dihitung perlembar ukuran namun dihitung tiap meter persegi. Sebagai contoh AP 150gr,itu artinya berat kertas AP 150gr tiap meter persegi. Biasanya berat kertas ditulis dengan gsm(gram/square meter).Contoh: 70gsm, 80gsm, 100gsm dst. Lalu bagaimana mengetahaui berat satu lembar kartas?. Berapa berat kertas satu lembar A3?.Berikut cara menghitungnya :

(Lebar x Tinggi x Gram Kertas) : 10000

Jadi misal berat 1 lembar kertas Art Paper 260 gsm yang kita lambnagkan dg huruf X adalah sebagai berikut:

X = (29,7 x 21 x 260) : 10000 = 16,2162 gsm.

Dari situ kita bisa menghitung berapa berat 2 rim kertas Art Paper 260 gsm adalah 16,2162 x 1000 lembar = 16,2162 kg.  Maka kita bisa memperkirakan bea kirim order kita. Semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.istana.co.id

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s